LUX atau AYX ...??

Tadi waktu browsing, ga sengaja nemu sabun AYX.

Ayx Beauty Soap Special Edition 2009
(sumber : http://xmyuanlong.en.alibaba.com/)

LUX Beauty Soap Special Edition 2005
Kemasan sabun AYX ini persis ma kemasan LUX special edition 2005 dengan model Mariana Renata.
AYX special edition ini tertulis edisi 2009, jadi setelah 4 taon yang lalu beredar di Indonesia, Ayx special edition 2009 ini baru dipasarkan dengan kemasan 2004.
Logo AYX juga sekilas meniru logo LUX. Antara huruf A dan X dihubungkan huruf Y. Tapi huruf Y di tengah dibentuk seakan menghubungkan 2 huruf A dan X. Mirip dengan logo Lux yang huruf L menyatu dengan huruf X dan didesain menyangga huruf U. Sangat terlihat bagaimana logo AYX dipaksakan agar mirip LUX.
Ga hanya itu, yang lebih parah, bentuk sabun batangnya sendiri bisa dibilang persis bentuk sabun LUX taon 2005 dan sebelumnya, tentu saja minus logo LUX.
Sabun AYX yang saya temukan dari browsing ini memiliki dua varian, putih dan hijau. Tapi kenapa ya, untuk varian hijau tidak memakai gambar Dian Sastro. Apa karena wajah Dian Sastro terlalu Indonesia banget, sehingga kurang cocok untuk negara lain.

Whatever ... Yang jelas, nih sabun jelas2 plagiat ... Meskipun ga menutup kemungkinan di negara lain AYX tuh artinya juga LUX ...???
Gimana, ada pendapat lain ...?

2 komentar:

there9 mengatakan...

benar dijiplak oleh negara lain utk menyamai kesuksesan sabun LUX... oh yah, dari dulu gw penasaran, siapa negara pertama mengeluarkan sabun LUX ?... unilever itu milik siapa negara mana?...biar gw yakin...thx

LUX fanatic mengatakan...

LUX pertama dikeluarkan di India taon 1929 oleh Unilever.
Sumber: http://www.scribd.com/doc/21462579/LUX-An-HUL-Brand?autodown=ppt
Jadi bisa dilihat bahwa segmen pasar disana sangat luas. Liat saja LUX White Glow (ntar kapan2 dibahas) ... keren banget sabunnya pa lagi Aish ...