Peringatan Perak 25 Tahun LUX Cair Indonesia


Berbicara mengenai sabun LUX memang tidak akan pernah ada habisnya. Pesona kecantikan bintang-bintangnya yang silih berganti, iklan dan promonya yang luar biasa, serta beragam jenis produk LUX yang ditawarkan, membuat semua orang setuju bahwa LUX tetap menjadi sabun kecantikan yang istimewa.

Keistimewaan LUX sebagai sabun kecantikan nomer wahid, menjadi semakin istimewa di tahun 2014 ini. Bagaimana tidak, tahun ini LUX akan melauncing LUX baru. Tidak tanggung-tanggung, selain memperkenalkan varian baru, LUX juga akan mengganti kemasan baik sabun padat maupun sabun cairnya. Untuk sabun padat, desain sabunnya diberi tambahan ornamen yang makin membuat sabun padat LUX menjadi lebih cantik. Dan yang menurut LUXfanatic yang paling istimewa adalah perubahan desain botol LUX cair yang berbeda dengan botol lady shape sebelumnya.

Desain botol LUX cair 2014 ini terlihat lebih simple, mengambil bentuk dasar sebuah botol tanpa adanya permainan bentuk yang berarti. Tutup botol sendiri menggunakan warna emas, mengambil logo emas LUX. Secara desain botol, LUXfanatic sendiri lebih suka bentuk botol sebelumnya yang lebih anggun, mengambil bentuk tubuh wanita yang ramping disertai mahkota seperti bentuk bathtub. Terlepas dari menarik atau tidaknya desain botol baru ini, LUXfanatic merasa LUX mengambil langkah tepat untuk menyegarkan kembali selera pasar akan LUX.

Entah kebetulan atau tidak, perubahan botol LUX cair ini bertepatan dengan 10 tahun botol lady shape yang diperkenalkan tahun 2004. Tahun ini pula, bertepatan dengan 25 tahun LUX cair Indonesia, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1989.

Pada postingan ini LUXfanatic akan mencoba membawa kembali history LUX cair di Indonesia, sejak 1989 sampai 2014 ini.

1989 – LUX Beauty Shower


 Sejak pertama kali diperkenalkan ditahun 1989, LUX beauty shower telah menjadi standar baru mandi yang modern. Kemungkinan besar, seiring dengan munculnya perlengkapan mandi yang modern seperti shower dan bathtub, LUX lah yang pertama kali memperkenalkan sabun mandi cair di Indonesia. Di iklan yang LUXfanatic temukan di majalah Femina 1989 ini, secara tegas LUX memperkenalkan konsep mandi yang mewah dan modern menggunakan LUX Beauty Shower. Iklan 3 halaman ini menampilkan bintang LUX Ornella Muti, dan pernak pernik mandi modern seperti shower dan handuk. Desain botol LUX terlihat cantik sederhana, cenderung kotak yang membulat di empat ujungnya, lengkap dengan tali penggantung.

1992 – LUX Beauty Shower



Sekitar 2 tahun setelah diperkenalkan, pada tahun 1992, LUX menggandeng penyanyi Nia Zulkarnaen sebagai bintang LUX cair. Bahkan LUX menjadi sponsor utama album Nia Zulkarnaen berjudul “Jangan Pisahkan Aku”. Benar-benar kerjasama yang indah. Desain botol tidak banyak berubah, bentuk botol masih sama, hanya gambar kemasan yang sedikit berbeda. Dua varian putih dan merah muda juga masih dipertahankan.

1993 – LUX Beauty Shower



Album Nia yang sukses ditahun 1992, dilanjutnya dengan album Nia Zulkarnaen “Ku Ingin Bersamamu” yang diluncurkan tahun 1993. Nia terlihat sangat cantik di iklan LUX ini. Dengan tagline yang sama dengan sabun padat, LUX Awal keindahan kulit Anda, benar-benar terlihat sempurna. Logo LUX ditahun ini juga berganti, ekor panjang di huruf X mulai hilang, menjadi tulisan LUX yang lebih sederhana. Desain kemasan juga terlihat lebih cantik, dengan munculnya sosok wanita yang lebih cantik dari wanita di kemasan sebelumnya.


1994 – LUX Skincare



Suksesnya LUX Beauty Shower sebagai standar baru mandi mewah, akhirnya digunakan juga untuk LUX Skincare yang dilaunching pada tahun 1994. Dengan tiga varian sabun cair dan satu sabun padat, LUX Skincare dirancang khusus untuk kulit yang tidak sekedar cantik namun terawat. Bintang film dan penyanyi Sophia Latjuba dipercaya LUX untuk memperkenalkan rangkaian sabun baru ini.

1997 – LUX Beauty Shower Puff


Tidak lengkap rasanya mandi menggunakan sabun cair jika tidak menggunakan beauty puff. Ya..., LUX memahami itu semua. Pertengah tahun 90an ini, LUX banyak memberikan hadiah beauty puff untuk melengkapi kemewahan dan cara mandi yang lebih sempurna.



1998 – LUX Beauty Shower



Ada wajah baru LUX cair di tahun 1998, LUX mengganti botol lamanya dengan botol baru yang lebih elegan. Bentuknya yang ramping, dengan tagline Sahabat kulit lembutmu, terlihat dan sungguh terasa ketika melihat botol baru LUX ini. Dan tentu saja keceriaan 3 sahabat Widi, Nola dan Lusy dalam AB Three yang semakin menegaskan konsep persahabatan.

1998 – LUX Beauty Shower Refill



Tahun 1998, terjadi krisis ekonomi yang melanda dunia. Krisis tersebut sangat terasa dampaknya di Indonesia, gelombang kerusuhan yang melanda memaksa presiden Soeharto mundur dari tahta kepresidenan. Halah.. Jadi inget masa-masa SMA. LUX melihat ada keresahan ekonoomi yang dihadapi rakyat Indonesia, tidak terkecuali untuk urusan mandi. Maka secara cerdas, LUX memperkenalkan sabun cair isi ulang yang lebih hemat.



2001 – LUX Beauty Shower



Tahun ini LUX kembali menegaskan bahwa setiap orang memiliki kulit yang berbeda. Perbedaan kebutuhan itulah yang membuat LUX menciptakan beberapa varian yang sesuai untuk jenis kulit yang berbeda. Bukan konsep baru sebenarnya, karena sejak tahun 90an LUX memang telah menggunakan konsep varian yang sesuai dengan jenis kulit. Bentuk botol LUX juga mengalami perubahan bentuk, yang tidak ramping namun lebih bulat dari sebelumnya. Tahun ini Febby Febiola yang dipercaya mewakili LUX Beauty Shower.

2003 – LUX Green Tea



Saatnya green tea... Entah kenapa saya sangat suka dengan konsep alaminya green tea yang terkandung dalam LUX. Iklan-iklannya sangat cerdas, menganalogikan alaminya LUX bagi kulit. Bahkan dalam iklan sabun LUX dibuat seperti kantong teh hijau celup, air teh yang keluar dari teko dan air shower yang memancurkan green tea. LUX dan Febby Febiola berhasil mewujudkannya. Istimewa...



2004 – LUX Shower Cream Spa



Sepertinya bentuk botol bulat LUX tidak begitu disukai, karena hanya bertahan 3 tahun saja. Tahun 1994 menjadi penanda penegasan kembali LUX sebagai sabun kecantikan yang mendunia. Tahun ini LUX mengganti logonya menjadi lebih cantik, dan tentu saja botol LUX cair telihat juga lebih cantik. Mengambil bentuk tubuh ramping wanita, dengan tutup botol seperti bentuk bathtub, botol inilah yang saat ini masih kita lihat dipasaran. Dengan mengusung konsep spa, LUX mengajak bahwa hanya dengan mandi menggunakan LUX, setiap wanita dapat merasakan mandi spa di rumah.

2006 – LUX Shower Cream



Ada perubahan mendasar di botol LUX cair tahun 2006 dibandingan botol-botol LUX sebelumnya. Hilangnya gambar wanita dikemasan seharusnya tidak menghilangkan kesan feminin di sabun LUX cair. Namun LUXfanatic menilai, keenam kemasan LUX cair tahun 2006 merupakan kemasan LUX yang paling jelek dibandingkan kemasan LUX cair yang pernah ada. Sepertinya tidak ada kesamaan konsep antara varian satu dan varian lain. Kemasan seluruh varian tidak mencerminkan komposisi kandungan LUX didalamnya. Sayang sekali, ditambah tidak adanya promo yang berarti untuk LUX cair, membuat kemasan LUX cair kalah pamor dengan LUX padat yang bahkan dibuat edisi spesial 2006.



2008 – LUX Body Wash


LUX cair kembali bersinar di tahun 2008 ini. Dengan membawa kandungan buah-buahan dan whipped cream yang dipercaya mampu menghaluskan kulit dan meninggalkan sensasi selembut kecupan. Desain kemasan botol terlihat lebih indah dan dikonsep dengan baik. Di tahun ini pula, LUX kembali mengusung varian yang sama baik untuk sabun padat maupun cairnya.


Selain mengusung konsep buah-buahan dan whipped cream yang bermanfaat untuk tubuh, tahun ini LUX cair menggunakan istilah body wash. Untuk pertama kalinya, LUX juga memberikan hadiah berupa sendok takar yang digunakan untuk menakar berapa ml yang diperlukan untuk sekali mandi. LUX juga mengeluarkan tvc yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo bagaimana cara mandi yang benar menggunakan LUX Body Wash.



2010 – New LUX Range



Tahun 2010 merupakan tahun yang berat bagi LUX Indonesia. Pasca kasus yang dialami salah satu bintang LUX, LUX berusaha bangkit dengan meluncurkan produk baru. Diawali dengan peluncuran New LUX White Glamour pada bulan Juli, disusul dengan varian lengkap pada bulan November sekaligus memperkenalkan Atiqah Hasiholan sebagai bintang baru LUX.

2011 – LUX Fine Fragrance


Pada awal tahun 2011, LUX memperomosikan varian fine fragrance. LUX menggunakan parfum yang dirancang khusus oleh ahli parfum Ann Gottlieb. LUX Indonesia juga mengadakan promo di beberapa mall besar Indonesia dengan mendirikan booth dimana tersedia paket khusus LUX seharga 35 ribu, yang berisi LUX Fine Fragrance botol dan refill, dan padat. Plus bonus parfum spesial edition yang dijual khusus di booth LUX ini.

Selanjutnya di pertengahan tahun 2012, LUX menggandeng Mia Maestro mempromosikan LUX Magical Spell yang lebih terkesan magic laksana film Twilight. Hanya sedikit LUX, keharuman mewah yang tahan lama. Just a little LUX.



2012 – LUX White Collection


Di penghujung tahun 2012, LUX membuat kejutan baru dengan mengeluarkan varian LUX White yang terdiri dari dua varian LUX cair dan 1 varian LUX padat. Dan varian LUX White Radiance menjadi varian terakhir LUX cair yang dikeluarkan oleh LUX menggunakan botol lady shape nya.

2014 – New LUX Bottle

Tahun ini bertepatan dengan 25 tahun LUX cair, entah apa yang akan dilakukan LUX dalam peringatan tahun perak LUX cair Indonesia. Kita tunggu saja...

0 komentar: